Kebersamaan Kaum Perempuan

Rabu, 9 Oktober 2013, DPP PDI Perjuangan bersama Megawati Institute mengelar diskusi bertemakan “Perempuan dan Peradaban Indonesia”. Dalam diskusi yang mengundang tokoh, aktivis perempuan dan kalangan sipil ini, Megawati mengatakan bahwa perempuan Indonesia kini sudah maju. Tapi kemajuan itu masih secara individu, minim melakukan pergerakan bersama-sama menyikapi berbagai masalah yang dialami perempuan.

Ketua Umum PDI Perjuangan memaparkan pelbagai pesoalan kaum perempuan yang beliau temui secara langsung saat berkunjung ke daerah. Di antaranya masalah trafficking dan TKI,HIV/AIDS yang menimpa kaum Ibu,bahaya narkoba, rendahnya tingkat pendidikan kaum perempuan di daerah,tingginya angka kematian ibu hamil, dan rendahnya kepedulian terhadap lingkungan.

Megawati juga sempat mempertanyakan komitmen kaum perempuan terkait desakan partai politik agar memenuhi 30% kuota perempuan dalam daftar calon anggota legislatif. Namun, saat diminta masuk ke partai politik, mereka menolak. "Saya tanya mau enggak masuk PDI-Perjuangan? Mau, tapi enggak dapat izin dari suami," kata Megawati yang saat menjabat presiden berhasil membuat undang-undang yang pro-gender, Undang-Undang Kekerasan Dalam Rumah Tangga (UU KDRT).

Masih menurut Ketua umum PDI Perjuangan kondisi perempuan yang masih tersingkirkan di dunia politik selain disebabkan oleh faktor adat budaya juga dipengaruhi oleh kualitas perempuan sendiri. Untuk itu, Megawati menegaskan pentingnya kebersamaan perempuan, "Saya tegaskan, nasib perempuan tak mungkin diperbaiki secara individual, kita harus bersama-sama.”

Dalam berbagai kesempatan, Megawati juga terus berupaya membangkitkan kesadaran dan pengetahuan kader perempuan PDI Perjuangan untuk mengatasi hambatan kulturalnya agar dapat aktif berpolitik baik di dalam maupun di luar partai.  Sebab, ujar Ketua Umum PDI Perjuangan, partai sangat membutuhkan kader perempuan yang berkualitas yang dapat mengangkat nama baik partai maupun perempuan itu sendiri.

Sumber:http://notes.pdiperjuangan.org/search?q=kebersamaan+kaum+perempuan


Share to Facebook Share to Twitter Share to Google Plus