Demokrasi Muhammad Hatta

Salah satu produk pengetahuan Barat yang diadopsi oleh tokoh-tokoh pergerakan nasional sebagai alat perlawanan terhadap kolonial pada waktu itu adalah gagasan tentang demokrasi berbasis spirit sosialisme.

Perkembangan demokrasi Indonesia di awal abad ke-20 terbentuk oleh penyebaran gagasan sosialisme yang muncul di Eropa dan bersemai ke masyarakat jajahan (termasuk Indonesia) melalui para intelegensia didikan Barat serta terkondisikan secara struktural oleh sistem kolonialisme dan penghisapan  kalangan elite tradisional dan penjajah kolonial yang menindas kaum Bumiputera. Dalam konstruksi sosial dan pengetahuan yang spesifik dan partikular inilah gagasan demokrasi di Indonesia terbentuk oleh semangat dan ide-ide sosialistik. Secara umum pemikiran dari beberapa tokoh pergerakan nasional seperti Tan Malaka, Soekarno, Muhammad Hatta merupakan tokoh-tokoh yang cukup mewakili gagasan demokrasi berbasis sosialisme yang menjadi bagian inheren dalam tradisi pergerakan nasional di Indonesia.

Selanjutnya bagian ini akan menguraikan secara ringkas dan padat spektrum gagasan demokrasi berbasis sosialisme yang diperkenalkan oleh tokoh-tokoh di atas.

 

Selengkapnya unduh makalah


Share to Facebook Share to Twitter Share to Google Plus